Minggu, 10 Februari 2013

Ungkapan dan Kosakata Dasar Bahasa Sunda

Sampurasuunnn :)

Hampura kamari kamari téh simkuring gaduh padamelan nu seueur pisan, janten teu tiasa apdét blog ieu :( Mohon maaf kemarin-kemarin saya sibuk jadi saya tidak sempat update blog ini :(

Baiklah, semoga saya bisa update lebih banyak lagi :D
Kita akan mulai mengenal ungkapan dasar dan kosakata dasar dalam bahasa Sunda. Ini bisa Anda gunakan untuk menyapa dan memulai percakapan ringan dengan orang Sunda atau dengan sesama pengguna bahasa Sunda. Kita mulai saja!

Untuk menyapa secara umum, bisa digunakan kata 'sampurasun' (Seperti halo) dan  akan dijawab dengan 'rampés'. Namun penggunaan dua kata ini jarang sekali, dan terkadang hanya digunakan dalam acara tertentu saja. Bahkan mungkin yang akan menjawabnya dengan rampés pun tidak semua orang. Meski begiitu, saya yakin ada baiknya anda mengetahuinya :D

lalu ada:
Wilujeng énjing (selamat pagi)
Wilujeng siang (selamat siang)
Wilujeng sonten (selamat sore
Wilujeng wéngi (selamat malam)
Perlu anda ketahui bahwa keempat frasa tersebut adalah bentuknya formal, biasanya digunakan dalam pidato, dan lain-lain.

Untuk menanyakan kabar, gunakanlah "Kumaha, damang?" (arti perkatanya: Bagaimana (keadaanmu), (apakah) baik?" untuk menjawab baik, cukup jawab dengan "damang" dan jika memang sedang tidak baik, jawablah dengan "teu damang" (tidak baik) atau "nuju teu damang" (sedang tidak baik). Jika Anda yang Muslim lebih suka menjawab dengan "Alhamdulillah", maka kebanyakan orang akan mengerti.
Mungkin ada beberapa orang yang akan bertanya "Kumaha kaayaanana?"(Bagaimana keadaannya?) atau "kumaha kabarna?".  hal ini sama saja dengan diatas, saya tulis untuk menambah pengetahuan anda saja :D
 
Lalu, untuk menyatakan rasa terimakasih, gunakanlah "Hatur nuhun" dan boleh ditambah kata 'pisan'(=sekali) yang artinya menjadi terima kasih banyak. Sebenarnya, kata 'nuhun' juga sudah cukup, namun "hatur nuhun" akan dianggap lebih sopan.

Untuk ungkapan maaf, 'punten' digunakan seperti 'permisi' dan 'hampura' adalah padanan untuk 'mohon maaf'. Punten, digunakan saat kita akan melewati seseorang yang lebih tua atau dianggap sopan, saat akan menanyakan sesuatu pada orang asing, dan jika kita terpaksa mengganggu kegiatan seseorang(punten ngawagel, maaf mengganggu). Hampura, biasanya digunakan jika kita melakukan kesalahan.
Jawaban untuk punten adalah mangga (jangan tertukar dengan nama buah karena buah mangga, dalam bahasa Sunda, disebut manggah atau buah). Untuk hampura, jawabannya biasanya "dihampura"(dimaafkan) atau "teu sawios-wios/teu kunanaon"(keduanya berarti 'tidak apa-apa', namun yang  pertama lebih sopan).
Terkadang, ada orang yang menggunakan punten sebagai hampura, ini wajar, naamun dianggap kurang sopan. Sebaiknya gunakan sesuai keadaan.

"Kalau pengen bilang aku cinta kamu pake bahasa Sunda?" hahaha, saya kasih yang paling sopan ya: "simkuring deudeuh ka anjeun" :D Sebenernya ada versi yang lebih kasarnya, cuma agak aneh aja ya menyatakan cinta pake bahasa yang agak kasar... tapiboleh dketahui: "urang bogoh ka manéh" karena di beberapa daerah memang jarang digunakan bahasa sunda lemes.

Jika akan berpisah, biasanya yang pergi trlebih dahulu akan mengucapkan, "Abdi tipayun nya."(saya duluan yya) dan yang ditinggalkan cukup menjawab "mangga"(silakan). namun di kalangan umat Muslim, ucapan salam lebih dominan dipakai.

Itu saja pelajaran kita hari ini. Semoga bermanfaat, ada koreksi dan pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar :)

23 komentar:

  1. terima kasih ya.... blog anda sangat berguna dan bermanfaat bagi siapa saja yg mau belajar bahasa sunda.
    Lagian ini juga budaya bangsa .... mesti di pertahankan klo ga ntar generasi muda hanya bisa bahasa indonesia ama bahasa inggris.

    hatur nuhun pisan :)

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun.....

    Lagi mendalami basa sunda yeuh..

    Baru hafal kalimat " Simkuring dedeuh ka anjeun" ĦăªĦăĦăĦăª

    BalasHapus
  3. Oia kang.. hiji deui..
    Aya contact nu bisa dhubungi langsung nteu kang?
    Klo simkuring butuh konsultasi basa sunda kitu... samisal chat YM, BBM meureun, fb, whatsapp..

    Hatur nuhun

    BalasHapus
  4. kapan nih kalau bisa ditambah lagi dong, kan biar bisalancar :D

    BalasHapus
  5. Hatur nuhun kang..
    Terimong geunaseh

    BalasHapus
  6. jempol kang infonya ..
    manfaat pisan semoga janten berkah ya .. aamiin

    BalasHapus
  7. Mantap kang. Hatur nuhun. Diantos kunjungan balikna ka blog sim abdi

    BalasHapus
  8. Mantap kang. Hatur nuhun. Diantos kunjungan balikna ka blog sim abdi

    BalasHapus
  9. hatur nuhun pisan, mangga atuh sumpingan rorompok website sim kuring: http://www.tekanini.com/rahsansdht

    BalasHapus
  10. Hatur nuhun pisan atuh kang.Saya pengen banget bisa bahasa sunda.Sebab bapak saya sunda,tapi ibu jawa,dan tinggal dilingkungan orang jawa,jadi cuma bisa bahasa jawa(itu juga sedikit2).Dan ketemu sama blog akang,syukur Alhamdulillah sangat membantu.Hatur nuhun pisan kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa mengajarkan saudari berbahasa sunda,,, apakah saudari mau belajar bersama saya?? Kalau mau,, chat aja facebook yang bernama "agus awaludin".. Foto profilnya buku fisika...

      Hapus
  11. Hatur nuhun kang,, sangat bermanfaat buat saya,, yg lagi belajar bahaa sunda,,

    BalasHapus
  12. Hatur nuhun kang,, sangat bermanfaat buat saya,, yg lagi belajar bahaa sunda,,

    BalasHapus
  13. Hatur nuhun kang,, sangat bermanfaat buat saya,, yg lagi belajar bahaa sunda,,

    BalasHapus
  14. Hatur nuhun kang,, sangat bermanfaat buat saya,, yg lagi belajar bahaa sunda,,

    BalasHapus
  15. Hatur nuhun kang...bermanfaat buat saya atuh

    BalasHapus
  16. Sampurasun saderek sadaya. Kumaha daramang wargi.?? Mugia yuswa na dipanjangkeun sareng pinuh kaberkahan..

    BalasHapus
  17. Saya juga pingin tau bahasa sunda kang

    BalasHapus